Rabu, 22 September 2010

Benarkah Internet Bisa menghasilkan Uang?

Pertanyaan besar yang sangat mungkin muncul di benak para pemula yang baru ingin terjun pada bisnis di internet adalah benarkah internet bisa menghasilkan uang? Sebuah pertanyaan yang wajar dan itupun pernah dialami kang Rohman ketika ingin memulai bisnis di internet.

Benarkah internet bisa menghasilkan uang?

Jika pertanyaan tersebut di tanyakan ke Kang Rohman, maka jawabannya adalah Ya. Internet atau sering disebut juga dengan istilah dunia maya hampir mirip dengan dunia nyata yang kita tinggali sekarang ini. Disana terdapat toko, pasar, tempat berkumpul dan lain sebagainya.

Dalam hal mencari uangpun, dunia maya boleh di katakan mirip dengan dunia nyata. Disana terdapat 1001 macam cara orang mencari uang (mirip-mirip lagu bung haji Rhoma Irama), ada yang berdagang, menjual jasa, menjual informasi, mengontrakkan kavling dan lain sebagainya. Dan semua itu penuh dengan persaingan, siapa lebih pintar, lebih ulet, lebih kreatif, lebih lincah, maka dialah pemenangnya.

Catatan Kecil Kang Rohman

Berkaca pada pengalaman yang telah dilalui serta memperhatikan teman-teman blogger yang lainnya dalam bergelut dalam bisnis online atau internet, berikut beberapa catatan kecil yang mungkin bisa menjadi bahan masukkan bagi anda yang baru mau memulai bisnis online :

* Perdalam Ilmu Pengetahuan tentang dunia online

Segala sesuatu tanpa ilmu akan tidak terarah dan menjadi sia-sia, maka kuasailah ilmunya. Ilmu bisa dipelajari dari guru atau pembimbing anda, dari buku, dari teman, atau dari mana saja.

* Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Ini hampir sama dengan ilmu yang harus dikuasai, namun mungkin lebih spesifik kearah informasi umum tentang bisnis yang anda geluti.

* Jangan Dulu Melepas Pekerjaan Tetap Anda.

Ini adalah poin yang paling kang Rohman tekankan, jika anda sekarang sudah memiliki pekerjaan tetap di bisnis offline, jangan dahulu melepaskan atau meninggalkan pekerjaan tersebut demi mengejar sesuatu yang belum tentu lebih baik. Jangan dahulu terperangah dengan berbagai informasi yang begitu menggiurkan sehingga anda bermimpi bisa kaya dalam waktu yang singkat.

* Berhati-hati

Tidak hanya di dunia nyata atau offline, di dunia maya (online) pun banyak berkeliaran para penipu. Bahkan penipuan didunia online sangat rentan terjadi, ini karena saat transaksi atau kegiatan bisnis tidak secara langsung bertatap muka melainkan berjauhan jarak bahkan anda tidak tahu dengan siapa anda berinteraksi, boleh jadi dia mengaku sebagai wanita yang memperlihatkan foto gadis cantik nan seksi yang sebenarnya dia adalah seorang laki-laki yang brewokan dengan rambut gimbal karena jarang mandi Big Grin. Jadi berhati-hati dan waspadalah-waspadalah ( emang bang napi kali yeh ).

* Ulet dalam bekerja

Jangan dahulu bermimpi anda akan mendapatkan begitu banyak penghasilan dengan hanya ongkang-ongkang kaki tanpa harus bekerja. Semua perlu kerja keras disertai keuletan anda dalam menjalankan pekerjaan.

Memang, ada sebagian orang yang hanya ongkang-ongkang kaki namun penghasilan terus mengalir karena semua bisnisnya berjalan secara otomatis. Namun itu hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang dalam jumlah yang sedikit dan telah menyandang titel master dalam bisnis online. Namun ingat, orang yang seperti itu pada mulanya tetap harus bekerja keras untuk mencapai situasi dimana hanya dengan berleha-leha bisa tetap berpenghasilan yang melimpah.

 

Udahan dulu ah, soalnya ini hanya sebagai pemanasan dalam topik bagaimana cara mencari uang melalui internet atau secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar