Jumat, 02 Juli 2010

Inilah Ponoh dan Safii yang Berumur 170 Tahun !


Inilah Ponoh dan Safii yang berumur 170 tahun. Sedikitnya 80 warga berusia lebih dari 100 tahun, demikian hasil Sensus Penduduk 2010 di 12 kabupaten dan kota se-Provinsi Riau.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Abdul Manaf menjelaskan, sebagian dari mereka warga Rokan Hilir dan Indragiri Hilir masing-masing tercatat 18 orang.

"Mayoritas penduduk berusia di atas 100 tahun ini, merupakan transmigran pada masa penjajahan Belanda. Mereka berasal dari Jawa, dan sebagian menjadi buruh di perkebunan karet," kata Abdul Manaf.

Rekor tertua dipegang oleh Ponoh dan Safii, keduanya berumur 170 tahun. Mereka tercatat sebagai penduduk Desa Panipahan Darat dan Sungai Daun, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir.

"Yang lainnya berumur sekitar 101-160 tahun," katanya menambahkan.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan kebenaran usia mereka karena petugas sensus hanya sekadar mencatat umur dari penduduk tersebut.

"Ke depan, tampaknya perlu kajian akademis mengenai kebenaran dari usia penduduk tersebut," katanya.

Ia lantas mencontohkan di Siak, ada warga yang mengaku berumur lebih dari 100 tahun. Bahkan, mengaku lahir bertepatan pernikahan Tengku Sultanah Latifah.

"Setelah dicocokkan dengan tanggalnya, diketahui usia penduduk tersebut berumur sekitar 90 tahun," kata dia. ( kompas.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar